Defence Services Command and Staff College of Sri Lanka (DSCSC) lakukan Diskusi dengan Lemhannas RI

Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr menerima kedatangan Delegasi Defence Services Command and Staff College of Sri Lanka (DSCSC) yang dipimpin oleh Air Cdre. (Marsma) H S S Thuyacontha WWV RWP and Bar RSP, USP, MSC, (Def studies) in Mgt, psc di Lobby Trigatra Lt. I, Lemhannas RI pada Selasa (9/8). Kunjungan delegasi yang berjumlah 24 orang tersebut merupakan rangkaian study tour yang sedang dilakukan oleh DSCSC di Indonesia.

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan dengan diskusi antara delegasi DSCSC dengan delegasi Lemhannas RI yang terdiri dari Tenaga Profesional, Tenaga Pengkaji, Tenaga Pengajar dan 10 Peserta PPRA LV. Diskusi tersebut dibuka oleh Marsda TNI (Purn) Surya Dharma, S.I.P. yang bertindak sebagai pemimpin diskusi. Surya Dharma dalam sambutannya mengatakan bahwa Lemhannas RI sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh DSCSC.

Sementara perwakilan DSCSC Maj. Gen. (Mayjen) GVDUA Perera mengatakan tujuan dari kunjungan dan diskusi ini adalah untuk membicarakan tugas pokok dan fungsi Lemhannas RI secara mendalam. Selain itu, delegasi DSCSC juga ingin belajar mengenai Pancasila karena Pancasila memiliki banyak kesamaan dengan Budhisme.

Kemudian, diskusi dimulai dengan pemutaran video mengenai profil Lemhannas RI. Dalam profil tersebut dijelaskan bahwa Lemhannas RI tidak hanya menerima peserta dari kalangan militer tetapi juga Polisi, Sipil dan Institusi swasta.

Selain membahas mengenai tugas pokok dan fungsi Lemhannas RI, diskusi tersebut juga membahas mengenai pandangan Lemhannas RI tentang senjata nuklir yang saat ini berkembang dan upaya Lemhannas RI dalam menjaga perdamaian, bagaimana cara Lemhanans RI mengatasi terorisme yang sudah sangat merebak, posisi Indonesia dalam konflik Laut Cina Selatan, dan juga Geopolitik Indonesia.

Diskusi ini kemudian ditutup dengan ucapan terimakasih pihak DSCSC kepada Lemhanans RI dan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.

sumber :

http://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/item/320-defence-services-command-and-staff-college-of-sri-lanka-dscsc-lakukan-diskusi-dengan-lemhannas-ri

pancasila terorisme laut cina selatan geopolitik

Views: 84