HARI BUKU SEDUNIA 2022

Setiap tanggal 23 April diperingati sebagai World Book Day atau Hari Buku Sedunia. Peringatan ini diselenggarakan guna menumbuhkan kesenangan membaca buku pada khalayak, khususnya kaum muda.

Perayaan yang pertama kali dicetus UNESCO telah diperingati kurang lebih oleh 100 negara di dunia. Pada tanggal 23 April 1997, perayaan Hari Buku Sedunia pertama kali diselenggarakan di Inggris dan Irlandia. Ini bertujuan untuk mengubah stereotip membaca, di mana yang semula terkesan membosankan menjadi menyenangkan.

Hari Buku Sedunia juga ditujukan untuk meningkatkan kesadaran khalayak akan pentingnya membaca. Kegiatan ini tentu memiliki segudang manfaat, salah satunya bisa mempertajam kinerja otak.

Membaca buku juga penting karena dapat menambah kosakata. Ini bisa menjadi nilai tambah dalam berkomunikasi dan mempermudah tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis.

Tidak hanya kosakata, wawasan pun akan bertambah. Dengan membaca buku, Sobat Medcom bisa belajar memahami masalah dari berbagai persepsi. Sehingga, pemikiran kritis lebih terasah.

Sebuah studi bahkan mengatakan, ketika seseorang menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk membaca buku, maka dia bisa menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan secara psikologis. Ini sama efektifnya dengan melakukan yoga.

Selamat membaca !!

lib.lemhannas.go.id Hari Buku Sedunia 2022 World Book Day 2022

Views: 442