Mengenal Diabetes Mellitus dan Hipertensi

“Tanpa disadari, usia hidup semakin pendek, usia kerja semakin singkat, dan akan membebani pola kesehatan dan biaya dan kualitas hidupnya juga akan semakin berkurang. Jadi, diabetes dan hipertensi ini merupakan suatu ancaman serius yang tanpa sadar kita kadang-kadang menyepelekan dan tidak peduli. Padahal hal tersebut sangat berbahaya.” ujar dr. Etra Ariadno, SpPD, Departemen Penyakit Dalam Rumkital Dr. Mintohardjo pada kegiatan sosialisasi bertemakan kesehatan dengan judul “Mengenal Diabetes Mellitus dan Hipertensi” di Ruang Gadjah Mada Lemhannas RI, Senin. (15/08).

Kegiatan yang dipandu oleh Kepala Bagian Kepegawaian Biro Umum Settama Lemhannas RI Kolonel Adm Drs. Nana Sujana, M.Si. ini dimaksudkan untuk mengedukasi personel Lemhannas RI mengenai pentingnya memahami penyakit diabetes dan hipertensi dan cara pencegahannya.

Penyakit diabetes, seperti yang dikemukakan oleh dr. Etra Ariadno, disebabkan oleh faktor genetik, pola hidup, pola makan, dan tingkat stres seseorang. Sedangkan hipertensi disebabkan oleh kelebihan kadar garam dan lemak dalam tubuh, pola hidup, pola makan, dan merokok. Penyakit metabolik tersebut tidak dapat disembuhkan namun dapat dijaga agar tidak semakin memburuk dengan cara mengatur pola hidup sehat, pola makan sehat, berolah raga dan langkah terakhir adalah menggunakan pengobatan dokter. “Obat adalah pilihan terakhir setelah pola hidup sehat, pola makan sehat, dan berolahraga”, pungkas dr. Etra Ariadno.

Sosialisasi yang digelar setelah pelaksanaan apel pagi ini dihadiri oleh Pejabat Struktural serta seluruh karyawan Lemhannas RI.

sumber : http://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/item/323-mengenal-diabetes-mellitus-dan-hipertensi

diabates diabetes mellitus hipertensi penyakit genetik

Views: 75