Pelaporan Hasil Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) oleh Peserta PPRA LIV

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo membuka acara Pelaporan hasil Studi Strategis luar Negeri (SSLN) yang dilakukan oleh para peserta PPRA LIV di Ruang Pancasila, Gd. Trigatra Lt. III, Lemhannas RI pada Rabu (18/8).

Setelah dibuka resmi oleh Gubernur Lemhanans RI, acara yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dilanjutkan dengan presentasi mengenai hasil kunjungan ke 4 negara yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Brunei Darussalam yang telah dilakukan oleh para peserta.

Di Korea Selatan, peserta PPRA LIV mengunjungi The Blue House (kediaman dan kantor presiden Korea Selatan), National Folklore Museum, KBRI untuk Korea Selatan, Kementerian Pertahanan Nasional, War Memorial Museum (Museum perang), Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, De Military Zone (DMZ), Ginger Center, Myeongdong-Namdaemun Shopping Center, Green Growth Hall, Kementerian Luar Negeri, Seoul Tower, dan Korea National Defence University.

Sementara di Jepang, peserta PPRALIV mengunjungi Gunung Fuji, Panasonic Center, Japan Marine United (Pembuatan kapal di Yokohama), Kementerian Pertahanan, KBRI Tokyo, Museum Toyota I dan II di Nagoya, dan Lembaga Pariwisata Jepang.

Sedangkan di Thailand, peserta PPRA LIV KBRI Thailand, Kementerian Luar Negeri Thailand, kementerian Pertahanan Thailand, Kediaman Duta Besar Republik Indonesia, Port Authority of Thailand, Tourism Authority of Thailand, Kementerian Dalam Negeri Thailand, Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Thailand, Industri Penerbangan Thailand, Chaesari Metal and rubber Co. Ltd., Emerald Budha.

Kemudian, Brunei Darussalam yang juga merupakan salah satu Negara tujuan SSLN, peserta PPRA LIV mengunjungi KBRI Seri Begawan, Kementerian Luar negeri dan Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga, dan yang Kementerian Sumber daya utama dan pariwisata.

Dalam presentasinya, para peserta melaporkan mengenai profil negara yang mereka kunjungi seperti sejarah, sistem pemerintahan, aspek politik, ekonomi, dan pertahanan keamanan. Dengan mengetahui fakta- fakta tersebut, para peserta dapat menganalisis tantangan apa yang dihadapi Indonesia untuk menjadi lebih maju dan juga mempelajari mengenai hubungan bilateral dengan negara negara tersebut. Para peserta juga diharapkan dapat mengkaitkan hal tersebut dengan astagatra. Selain itu, para peserta juga melakukan beberapa pertunjukkan budaya yang mereka dapatkan di negara yang mereka kunjungi.

Pelaporan hasil SSLN tersebut dihadiri oleh wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Bagus Puruhito, Deputi Pendidikan Lemhannas RI Laksda TNI Dedy Yulianto, dan sejumlah Pejabat Struktural Lemhannas RI.

sumber : http://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/item/326-pelaporan-hasil-studi-strategis-luar-negeri-ssln-oleh-peserta-ppra-liv

SSLN Korea Selatan Jepang Thailand Brunei Darussalam

Views: 39