Wakapolda Papua Berikan Pandangan Tentang Kondisi Papua

Kamis, (4/8), Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Rudolf Alberth Rodja berkesempatan menjadi narasumber kegiatan Micro Teaching Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Provinsi Papua yang dilaksanakan oleh Direktorat Pemantapan Semangat Bela Negara (Direktorat Sembelneg), Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI. Wakapolda Papua menjelaskan kondisi ipoleksosbudkam saat ini di Provinsi Papua. Menurutnya, pelaksanaan otonomi khusus di Provinsi Papua sesuai UU no.21 Tahun 2001 belum optimal.

Potret nilai-nilai Pancasila di Provinsi Papua saat ini masih kurang dalam implementasinya (krisis moralitas, krisis keteladan, perilaku koruptif,dsb). Ia mengungkapkan, sejumlah program digalakkan oleh Polda Papua untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya dengan terobosan kreatif berupa peluncuran program polisi mengajar di sekolah sebagai upaya penguatan kualitas sumber daya manusia Papua dan memupuk jiwa ke-Indonesia-an (nasionalisme).

Kedatangan Wakapolda Papua pada kegiatan micro teaching ini merupakan bagian dari program persiapan tim Direktorat Sembelneg dalam penyelenggaraan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi kalangan Birokrat, Akademisi dan Tokoh Masyarakat di Provinsi Papua pada tanggal 23 sampai dengan 30 Agustus 2016. Program pemantapan ini adalah program kerja Lemhannas RI untuk mengungkit rasa kebangsaan bagi setiap komponen bangsa.

Dinamika kehidupan berbangsa yang akhir-akhir ini mengalami kecenderungan degradasi dalam implementasi nilai-nilai kebangsaan membuat Lemhannas RI harus mengupayakan agar empat konsensus bangsa yaitu Pancasila, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika, UUD NRI 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dipahami dan diimplementasikan oleh setiap elemen bangsa sesuai dengan peran dan porsinya. Pemantapan Nilai-nilai kebangsaan bagi birokrat, akademisi, dan tokoh masyarakat diharapkan dapat memperkuat wawasan kebangsaan dan peserta mampu membuat perubahan di lingkungan masyarakatnya masing-masing.

sumber :

http://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/item/318-wakapolda-papua-berikan-pandangan-tentang-kondisi-papua

papua otonomi khusus wawasan kebangsaan

Views: 70