Data Katalog
Jumlah Pengunjung:68
Jenis Bahan Pustaka:Monograf
Jenis Koleksi:Taskap
Nomor Panggil:PPRA 66-49 2024
Pengarang:Iin Kandedes
Judul:Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan
Penerbitan:Lemhannas RI
Catatan:Judul Penelitian Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan. Rumusan Masalah, Latar Belakang, dan Tujuan:Penelitian ini berjudul "Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan". Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan integrasi ekonomi hijau dan kurikulum pendidikan dapat mendorong pembangunan yang berkelanjutan. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari urgensi penerapan ekonomi hijau sebagai solusi atas tantangan global seperti perubahan iklim dan degradasi lingkungan, serta pentingnya pendidikan dalam mentransfer pengetahuan terkait isu lingkungan dan keberlanjutan. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi untuk mengintegrasikan konsep ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan partisipasi dalam menjaga lingkungan serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Metode Penelitian, Teknik Analisa Data, dan Landasan Teori: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) serta analisis PESTLE (Political, Economic, Social, Technological, Legal, and Environmental). Data dikumpulkan melalui analisis kebijakan, laporan resmi, serta literatur ilmiah terkait ekonomi hijau dan pendidikan. Landasan teori yang digunakan mencakup teori pembangunan berkelanjutan, teori kurikulum, serta teori ekonomi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategis bagi integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan di berbagai tingkatan. Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, menciptakan inovasi ramah lingkungan, dan mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang keberlanjutan. Tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi lingkungan di kalangan masyarakat dan kurangnya dukungan kebijakan yang memadai. Kesimpulannya, integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan dapat menjadi alat strategis untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, asalkan didukung oleh kerjasama antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor industri.
Bahasa:Indonesia
JUMLAH EKSEMPLAR:1
Cover:
File:49 - Iin Kandedes.pdf

TAGIND 1IND 2VALUE
24510$a Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan
100##$a Iin Kandedes
260##$a Jakarta $b Lemhannas RI $c 2024
500##$a Judul Penelitian Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan. Rumusan Masalah, Latar Belakang, dan Tujuan:Penelitian ini berjudul "Integrasi Ekonomi Hijau dan Kurikulum Pendidikan Guna Mendorong Pembangunan Berkelanjutan". Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan integrasi ekonomi hijau dan kurikulum pendidikan dapat mendorong pembangunan yang berkelanjutan. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari urgensi penerapan ekonomi hijau sebagai solusi atas tantangan global seperti perubahan iklim dan degradasi lingkungan, serta pentingnya pendidikan dalam mentransfer pengetahuan terkait isu lingkungan dan keberlanjutan. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi untuk mengintegrasikan konsep ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan partisipasi dalam menjaga lingkungan serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Metode Penelitian, Teknik Analisa Data, dan Landasan Teori: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) serta analisis PESTLE (Political, Economic, Social, Technological, Legal, and Environmental). Data dikumpulkan melalui analisis kebijakan, laporan resmi, serta literatur ilmiah terkait ekonomi hijau dan pendidikan. Landasan teori yang digunakan mencakup teori pembangunan berkelanjutan, teori kurikulum, serta teori ekonomi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategis bagi integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan di berbagai tingkatan. Hasil dan Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, menciptakan inovasi ramah lingkungan, dan mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang keberlanjutan. Tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi lingkungan di kalangan masyarakat dan kurangnya dukungan kebijakan yang memadai. Kesimpulannya, integrasi ekonomi hijau dalam kurikulum pendidikan dapat menjadi alat strategis untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, asalkan didukung oleh kerjasama antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor industri.
090##$a PPRA 66-49 2024
850##$a Lembaga Ketahanan Nasional RI

Data Koleksi
Menampilkan 1-1 dari 1 hasil
No. IndukAksesKetersediaanLokasiNomor Barcode
0372/2024Baca ditempatTersediaRuang Baca Umum00000014854